Bersama Wujudkan Reintegrasi Sosial Klien Pemasyarakatan, PK Bapas hadiri Sidang TPP Lapas Tarakan

Tarakan – Bertempat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tarakan, Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Tarakan hadiri Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) untuk 7 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mendapat hak integrasi berupa Cuti Bersyarat (CB) & Pembebasan Bersyarat (PB),(01/12/2023)

Sidang kali ini, dipimpin oleh Ketua TPP Kasi Binadik Lapas Kelas IIA Tarakan Norbek, didampingi sekretaris TPP Kepala Subseksi Registrasi, Lanuli, beserta anggota sidang berjumlah 5 (lima) orang yang mana pada kesempatan kali ini perwakilan dari Bapas Kelas II Tarakan yaitu Stefanus Yedidya.

Sidang TPP merupakan salah satu tahapan dalam pemberian hak integrasi kepada WBP yang tujuannya adalah pemaparan pendapat serta pemenuhan syarat administrasi, yang pada kesempatan tersebut PK Bapas Tarakan memberikan gambaran mengenai kewajiban WBP ketika sudah bebas bersyarat, “ Kewajiban klien dalam pembimbingan di Bapas ada 3 yaitu wajib lapor, mengikuti kegiatan bimbingan kemandirian dan kepribadian yang ada di Bapas dan tidak menggulangi tindak pidana kembali (residivis) ” jelas Yedi.

Tak hanya itu Sidang TPP juga bertujuan untuk memberikan persetujuan dan rekomendasi kepada WBP yang diusulkan mendapatkan hak integrasi PB dan CB. Pelaksanaan kegiatan merujuk pada Undang-undang No 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dimana didalamnya terdapat petunjuk pelaksanaan pemenuhan hak bersyarat terhadap narapidana.

Bapas Tarakan selalu mendorong agar dapat berintegrasi sosial di Griya Abhipraya “Paguntaka”. Yang merupakan sarana asimilasi serta sebagai wujud upaya Bapas Tarakan menjalankan fungsi pembimbingan kemasyarakatan, agar nantinya Klien Pemasyarakatan dapat menjadi orang yang lebih baik, menyadari kesalahannya, dan dapat diterima kembali didalam masyarakat serta menjadi manusia seutuhnya.

Kontributor : Aang

#Kemenkumham #Kanwilkaltim #Bapastarakanpastibaloy #TPP #GAPaguntaka #ReintegrasiSosial