PK beserta Klien Bapas Tarakan Panen Raya Selada Hidroponik dan terong Hasil Program Kemandirian Griya Abhipraya "Paguntaka"

Tarakan-Keberhasilan program bimbingan kemandirian dalam naungan Griya Abhipraya diwujudkan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Tarakan melalui panen raya sayur selada dan terong pada Jumat (1/12/2023).

Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Ningrum dan Klien Pemasyarakatan A berhasil memetik buah dari hasil budidaya tanaman hidroponik Griya Abhipraya “Paguntaka” Bapas Tarakan berupa selada caipira dan terong, dengan nama produk sayuran Saras ini.

Selain selada, panen raya juga menghasilkan terong yang nantinya ikut dipasarkan ke pembeli. Hasil panen selada diperjualbelikan ke beberapa penduduk lokal, penjual makanan, serta restoran seperti Burger Bangor dan beberapa restoran di Kota Tarakan.

Dengan adanya program pembimbingan kemandirian di GA Paguntaka, diharapkan Klien Pemasyarakatan nantinya mendapatkan pengalaman langsung untuk meningkatkan keahlian di bidang budidaya hidroponik serta sayuran lain. Sehingga akhirnya, Klien mampu berintegrasi dalam masyarakat dengan keahlian-keahlian yang sudah mereka asah di GA Paguntaka Bapas Tarakan.

Kontributor: BapaSTAR/fld