Griya Abhipraya "Paguntaka" Bapas Tarakan Laksanakan Bimbingan Kepribadian bagi 50 Andik PAS

Tarakan – Wujudkan komitmen fungsi Balai Pemasyarakatan (Bapas) laksanakan pembimbingan dan pendampingan, Bapas Kelas II Tarakan baru saja menggelar kegiatan bimbingan kepribadian bertema “Meraih Kepercayaan Diri dengan Mental Baik dan Sikap Positif” pada Kamis – Jumat (05 – 06/10/2023). Acara ini berlangsung dalam dua hari dan diikuti oleh 50 Anak Didik Pemasyarakatan (Andik PAS). Hari Kamis bimbingan diisi dengan materi pengembangan kepribadian, sedang pada Jumat materi tentang membangun energi positif.

Selain 32 Andik PAS yang mengikuti bimbingan kepribadian secara langsung di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tarakan, 18 Andik PAS dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Nunukan dan 20 Klien Pemasyarakatan yang tersebar di Provinsi Kalimantan Utara mengikuti acara ini secara virtual melalui aplikasi Zoom. Bimbingan Kemandirian ini dapat terwujud berkat adanya sinergi yang apik antara Bapas Tarakan, Lapas Tarakan, dan Lapas Nunukan.

Pelaksanaan hari pertama diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Kepala Bapas Tarakan, Andik Dwi Saputro. “Saya berharap Klien Pemasyarakatan dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya. Bapas Tarakan hadir untuk memberikan bimbingan kepada adik-adik di Lapas ini, besok saat adik-adik sudah bebas dan memiliki kewajiban untuk lapor ke Bapas, datang langsung ke Bapas Tarakan bagi yang berdomisili di Tarakan. Sedang bagi adik-adik yang berdomisili di luar pulau Tarakan, manfaatkan inovasi Sistem Wajib Lapor Virtual Klien (Si Wali Klien),” terang Andik.

Pada kesempatan kali ini, Bapas Tarakan berkolaborasi dengan Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Kalimantan Utara dan Sokola Alam Binari. Hadir dalam acara, IPK, Utara Arief Wahyu Utama, dan Ketua Binari, Retno Dwi Arini. Lewat acara bimbingan kepribadian ini, Bapas Tarakan bersama IPK dan Sokola berkomitmen untuk bersinergi bersama mewujudkan Anak Didik PAS yang sehat mental dan bersikap positif.

Materi hari pertama bimbingan kemandirian disampaikan oleh Arief Wahyu Utama yang pada kesempatan ini membahas tentang pengembangan kepribadian. Sedang pada hari kedua materi disampaikan oleh Retno Dwi Arini yang membahas tentang membangun energi positif. IPK dan Binari sendiri merupakan mitra Bapas Tarakan yang menjadi bagian dari Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas). Griya Abhipraya “Paguntaka” berupaya menggandeng Pokmas Lipas yang memiliki visi misi sama dengan Bapas Tarakan untuk mewujudkan tugas dan fungsi Bapas.

Kontributor: BapaSTAR/pan