Panen Perdana Ikan Lele Bersama DWP dan Klien Pemasyarakatan Bapas Tarakan Sebanyak 2 Kuintal

Tarakan – Rangkaian acara Bimbingan Kemandirian yang diselenggarakan oleh Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Tarakan bekerja sama dengan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Rizky Mina Utama memasuki hari kedua pada Selasa (21/03/2023). Setelah Klien Pemasyarakatan mendapatkan materi tentang cara budidaya ikan lele dan cara pemasarannya, selanjutnya Ketua Rizky Mina Utama, Fidy Asrani mengajak peserta Klien Pemasyarakatan belajar langsung di kolam ikan lele yang berlokasi di samping kantor Bapas Tarakan.

Kolam lele yang diresmikan pada akhir tahun lalu ini merupakan kolam lele hasil kolaborasi dengan Pokdakan Rizky Mina Utama dan dikelola oleh Klien Pemasyarakatan. Klien Pemasyarakatan melihat secara langsung proses budidaya ikan lele mulai dari awal. Mereka diajak untuk belajar bagaimana membuat kolam lele baru dari terpal. Selanjutnya, proses berlanjut ke pembibitan, pembesaran, dan panennya. Harapannya, mereka dapat mengerti dan menambah pemahaman setelah mendapat teori. Klien Pemasyarakatan terlihat antusias belajar secara langsung di kolam.

Ikan lele milik Bapas Tarakan yang sudah dibudidaya selama 2,5 bulan akhirnya dipanen bersama Klien Pemasyarakatan serta ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan anggota. Total hasil panen dari 3 kolam seberat kurang lebih 2 kuintal. Lele tersebut kemudian dijual ke Pokdakan Rizky Mina Utama. Rizky Mina Utama sendiri merupakan Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas) yang mendukung tujuan tercapainya sistem pemasyarakatan yaitu reintegrasi sosial.

Menutup acara Bimbingan Kemandirian, Kepala Bapas Tarakan, Andik Dwi Saputro mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan. “Terima kasih atas kerja sama dengan Poldakan Rizky Mina Utama dan Dinas Kelautan dan Perikanan. Selama dua hari ini kita sudah banyak belajar tentang budidaya lele, baik belajar teorinya maupun praktiknya. Tadi kita sudah melihat luar biasanya hasil panen lele yang totalnya hampir 2 kuintal hanya dari 3 kolam terpal kecil. Semoga itu memotivasi teman-teman untuk menjadi pembudidaya lele”, tutupnya.

Kontributor: BapaSTAR/pan