Dukung Kemandirian dan Produktivitas Klien Pemasyarakatan, Bapas Tarakan Selenggarakan Pelatihan Budidaya Lebah Trigona

Tarakan – Wujudkan komitmen fungsi Balai Pemasyarakatan (Bapas) yaitu pembimbingan dan pendampingan, Bapas Kelas II Tarakan baru saja menggelar kegiatan kemandirian bertema “Pelatihan Budidaya Lebah Trigona” pada Senin – Selasa (19 – 20/06/2023). Acara ini berlangsung dalam dua hari dan diikuti oleh 20 Klien Pemasyarakatan. Hari Senin pembelajaran di Aula Bapas Tarakan, dan hari Selasa pembelajaran langsung di tempat budidaya lebah Trigona.

Pelaksanaan hari pertama diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Kepala Bapas Tarakan, Andik Dwi Saputro. “Saya berharap Klien Pemasyarakatan dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya, budidaya lebah Trigona ini mudah dan tidak menyita waktu. Bapak ibu semua tinggal taruh stup di tempat, kemudian 2—3 bulan dapat dipanen. Alhamdulillah madu hasil budidaya Bapas Tarakan mampu diterima pasar dan memberi hasil yang memuaskan,” terang Andik.

Pada kesempatan kali ini, Bapas Tarakan berkolaborasi Komunitas Bee Tarakan (KBT). Hadir dalam acara, Owner KBT, Hadi Lianto, beserta tim, Irfan Verdia. Lewat acara bimbingan kemandirian ini, Bapas Tarakan dan KBT berkomitmen untuk bersinergi bersama memberdayakan Klien Pemasyarakatan.

Materi pertama bimbingan kemandirian disampaikan oleh Irfan Verdia yang pada kesempatan ini membahas tentang pengertian lebah Trigona dan bagaimana cara membudidayakannya. Ia menjelaskan bahwa lebah Trigona memiliki banyak keunggulan di antaranya mampu menyerap nektar dari bermacam tanaman, cerdas karena mampu menyeleksi nektar yang tidak beracun, dan madunya memiliki lebih banyak khasiat.

Kontributor: BapaSTAR/pan