Gandeng Komunitas Bee Tarakan sebagai POKMAS LIPAS, Bapas Tarakan Panen Raya Lebah Madu bersama Klien Griya Abhipraya PAGUNTAKA

Tarakan- Dalam rangka pelaksanaan bimbingan kemandirian bagi Klien pemasyarakatan, Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas Il Tarakan baru saja panen madu hasil budidaya ngengat lebah yang dijalankan oleh Klien, pada Jumat (26/05/2023). Panen dipimpin langsung oleh Kepala Bapas Kelas II Tarakan, Andik Dwi Saputro, dengan didampingi oleh Ketua Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (POKMAS LIPAS) Komunitas Bee Tarakan, Hadi Lianto.

Budidaya ngengat lebah merupakan salah satu program bimbingan kemandirian Bapas yang bertujuan untuk membekali Klien, agar nantinya Klien memiliki keahlian di bidang terkait dalam rangka integrasi sosial dalam masyarakat. “Budidaya lebah madu di Bapas Tarakan adalah budidaya lebah madu tanpa sengat atau dikenal dengan lebah madu propolis (stingless bee), berbeda dengan lebah madu biasa yang memiliki sengat”, terang Kabapas. Kegiatan dilaksanakan bersama Klien Pemasyarakatan Griya Abhipraya PAGUNTAKA sejumlah 10 orang.

Kontributor:BapaSTAR/ fld