Bangun Greenhouse, Klien Bapas Tarakan Praktek Langsung Budidaya Tanaman Hidroponik

Tarakan-Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Tarakan baru saja menyelenggarakan Bimbingan Kemandirian Pelatihan Budidaya Hidroponik bersama Kelompok Wanita Tani Ladang Hijau bagi Klien, pada 14-15 Maret 2023. Hadir dalam kegiatan, pemateri Sarianah dan Liliandriani dari Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (POKMAS LIPAS) Kelompok Wanita Tani Ladang Hijau, serta Nur Aisyah, S.TP dan Yuni Hamid, S.Pt. MP dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tarakan.

Rangkaian kegiatan di hari kedua, Rabu (15/03/2023), diisi dengan praktek langsung budidaya hidroponik oleh POKMAS LIPAS Kelompok Wanita Tani Ladang Hijau. Sejumlah 20 Klien mengikuti proses praktek budidaya hidroponik mulai dari pembibitan, peracikan nutrisi, persiapan media tanam, persemaian, pemindahan bibit, hingga penanaman di greenhouse yang baru dibangun di Bapas Tarakan.

Adapun jenis sayuran yang ditanam adalah daun sendok, selada, daun brazil, mint, kangkung, bayam, daun bawang, dan seledri. Kepala Plh Bapas Kelas II Tarakan, Dwi Prasetio, menutup sekaligus membagikaan sertifikat secara simbolis kepada narasumber dan peserta.

Kontributor: BapaSTAR/fld