Bekali Klien Pelatihan Kerja, Bapas Tarakan Laksanakan Bimbingan Kemandirian Pelatihan Budidaya Hidroponik bersama Kelompok Wanita Tani Ladang Hijau

Tarakan-Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Tarakan baru saja menyelenggarakan Bimbingan Kemandirian Pelatihan Budidaya Hidroponik bersama Kelompok Wanita Tani Ladang Hijau bagi Klien, pada 14-15 Maret 2023. Kepala Plh Bapas Kelas II Tarakan, Dwi Prasetio, membuka sekaligus memberikan sambutan. Hadir pula dalam kegiatan ini Asmuni sebagai perwakilan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tarakan, pemateri Sarianah dan Liliandriani dari Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (POKMAS LIPAS) Kelompok Wanita Tani Ladang Hijau, serta Nur Aisyah, S.TP dan Yuni Hamid, S.Pt. MP dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tarakan.

“Kebutuhan sayur meningkat maka dibutuhkan tanaman yang bersih dan sehat, sehingga Bapas menginisiasi untuk membuat budidaya tanaman hidroponik untuk memenuhi kebutuhan sayur di Kota Tarakan. Semoga peserta dapat menyerap ilmu dan materi dari Kelompok Wanita Tani Ladang Hijau nantinya”, ujar Plh Bapas Tarakan Dwi Prasetio, saat memberi sambutan.

Selanjutnya, Asmuni dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tarakan menyampaikan, “Saya berharap peserta fokus, jadi nanti bisa dikembangkan untuk ke depan. Ada peluang usaha bisnis secara luas, kami tetap membimbing ketika bapak dan ibu ada minat”, terangnya. “Perhatian ini bermanfaat bapak ibu ke depan. Walaupun lahan terbatas, kita bisa budidaya tanaman sayuran sendiri yang tahan panas”, ungkap Sarianah dari Kelompok Wanita Tani Ladang Hijau. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi di hari pertama mengenai pelatihan dasar hidroponik.

Kontributor: BapaSTAR/fld