Gandeng Yayasan SEKATA, Bapas Tarakan Laksanakan Bimbingan Kepribadian Pascarehabilitasi bagi Klien Pemasyarakatan

Tarakan-Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Tarakan baru saja menyelenggarakan program Bimbingan Kepribadian Pascarehabilitasi bersama Yayasan SEKATA Kota Tarakan untuk Klien Pemasyarakatan, pada Rabu dan Kamis (22-23 Februari 2023). Kepala Bapas Kelas II Tarakan, Andik Dwi Saputro, membuka sekaligus memberikan sambutan awal kegiatan yang bertemakan “Understanding Addiction and Relapse Prevention”. “Ketika bebas dapat program Integrasi, dapat Asimilasi Rumah, Cuti Bersyarat (CB), Pembebasan Bersyarat (PB) sudah dibantu sehingga jangan diulangi lagi karena kalau sudah dua kali maka tidak dapat Hak Integrasi dan hukuman lebih berat”, terang KaBapas memberikan sambutan dan pengarahan.

Sementara itu, Ketua Yayasan SEKATA Kota Tarakan, Eduk Mibrata, menyampaikan “Harapannya kita semua dapat konsisten ketika melaksanakann program karena semua orang berhak pulih, berhak berkembang.” Narasumber dari SEKATA, Andry Winasri dan Herry Purwanto memberikan materi berupa pemahaman tentang kecanduan dan cara mencegah kekambuhan pada Klien.

Acara berlangsung lancar dengan dihadiri oleh 20 Klien Pemasyarakatan dari Bapas “Mulailah dari detik ini, ubah pola pikir dengan memikirkan keluarga kalian dan orang-orang yang kalian sayangi”, tutup Kepala Sub Seksi Bimbingan Klien Dewasa Bapas Kelas II Tarakan, Dwi Prasetio, ketika menutup kegiatan sekaligus memberikan sertifikat secara simbolis pada peserta.

Kontributor: BapaSTAR/fld