Galakkan Hidup Sehat Tanpa Narkoba, Bapas Tarakan Gelar Tes Urin untuk Pegawai

Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Tarakan adakan Sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan pemeriksaan tes urin bagi pegawai. Kegiatan yang berlangsung rutin sebanyak dua kali dalam setahun ini terselenggara pada Jumat (16/12/2022) pukul 09.00 WITA sampai selesai. 

Acara dibuka oleh PLH Kepala Bapas Kelas II Tarakan, Arusmen Simbolon, dengan dihadiri seluruh pegawai Bapas Tarakan. “Acara ini rutin kita adakan sebagai komitmen Bapas Tarakan menjalankan Instruksi Presiden No. 2 Tahun 2020, sekaligus mewujudkan ASN Kemenkumham yang bebas dari narkoba,” terang Arusmen.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Tarakan, Agus Sutanto menyampaikan beberapa poin mengenai gambaran ancaman narkotika di Indonesia seperti jenis-jenis narkoba, hukum penyalahgunaan narkoba, dan ciri-ciri pengguna narkoba. “Jangan sekali-kali bersentuhan dengan narkoba karena hal itu akan merusakmu dan orang-orang yang kamu sayangi,” tegasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan tes urin bagi seluruh pegawai Bapas Tarakan. Pemeriksaan berlangsung dengan tertib, semua pegawai melewati prosesdan tahapan satu per satu. “Acaranya bagus, mendorong kesadaran diri kita untuk hidup sehat dan menjauhi bahaya narkoba,” tutup Yedi, salah satu pegawai Bapas Tarakan.

Kontributor: BapaSTAR/pan