Beri Penguatan UPT di Lingkungan Kalimantan Utara, Sofyan: Jalankan Tugas dan Fungsi Sesuai dengan Peranmu

Tarakan – Balai Pemasyarakatan Kelas II Tarakan baru saja menerima penguatan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur-Utara, Sofyan pada Senin (05/12/2022) pukul 10.00 WITA sampai selesai. Kunjungan ini merupakan agenda Kakanwil untuk melaksanakan monitoring dan penguatan di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Kalimantan Utara. Kegiatan yang terpusat di Bapas Tarakan ini turut pula dihadiri oleh Kepala UPT di seluruh Kaltara dan pejabat struktural di UPT Tarakan.

Dalam penguatannya, Sofyan mengingatkan kepada pegawai Kemenkumham di lingkungan Kaltara agar melakukan sinergitas antar UPT. “Perlu kerja sama antar UPT untuk memecahkan masalah bersama. Kalau satu UPT ada masalah, UPT lainnya harus membantu,” pinta Sofyan.

Dalam rangka mewujudkan kerja sama antar UPT yang apik, perlu diketahui peran masing-masing. Sofyan Kembali mengingatkan mengenai pentingnya memahami peran serta tugas dan fungsi (tusi). “Ibaratkan sebatang pohon, pejabat yang di atas itu daunnya, kemudian ke bawah-bawah itu ada ranting, cabang, batang dan akar”, tegas Sofyan.

Selain bekerja sesuai peran dan tusi, Sofyan juga meminta setiap UPT menjalankan tusinya dengan baik. “Mari bangun Kemenkumham ini sesuai dengan tusi masing-masing. Pegawai Bapas, saat menjalankan tugas home vist, Litmas, dan pembimbingan, lakukan dengan tulus, jujur, dan baik. Ketika mengunjungi pejabat setempat berperilakulah dengan halus, begitu pula saat bertemu dengan Aparat Penegak Hukum (APH) lainnya. Kalian semua di UPT inilah cerminan dan harapan Kemenkumham saat ini”, pungkasnya. 

Kontributor: BapaSTAR/pan