Tingkatkan Ketahanan Pangan dan Keterampilan Berwirausaha, Bapas Tarakan Laksanakan Pelatihan Hidroponik bagi Klien

Tarakan-Balai Pemasyarakatan Kelas II Tarakan bekerja sama dengan salah satu Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (POKMAS LIPAS Kelompok Wanita Tani (KWT) Ladang Hijau baru saja menyelenggarakan Bimbingan Kemandirian pada Kamis (12/09/2024) di aula Bapas Kelas II Tarakan dan lahan hidroponik Bapas. Hadir dalam kegiatan langsung Kepala Bapas Kelas II Tarakan, Rita Ribawati, dan Ketua KWT Ladang Hijau, Sarianah.

Kegiatan dibuka oleh Kabapas Tarakan, Rita Ribawati. Ia menyampaikan terima kasih atas partisipasi dan kontribusi KWT dalam ikut membimbing Klien terkait pelatihan kerja hidroponik selama ini serta memberi arahan untuk peserta Klien yang datang agar mengikuti kegiatan sampai selesai. Kemudian, untuk mengawali kegiatan, Kabapas membuka acara dengan memberikan seminar kit kepada peserta sekaligus cinderamata kepada narasumber secara simbolis.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi teori tentang hidoponik oleh Ketua KWT Ladang Hijau, Sarianah. Setelah pemberian materi selama kurang lebih 60 menit, peserta diajak untuk praktik hidroponik tanaman sayuran secara langsung dari mulai pemilihan bibit, penyemaian, pindah tanam, pemberian dan pembuatan nutrisi, sampai panen dan pengemasan. Kegiatan yang dikoordinir oleh Koordinator Bimbingan Hidroponik sekaligus Pembimbing Kemasyarakatan Elisabeth Dian, ini diikuti oleh 20 peserta Klien Pemasyarakatan yang sekarang tengah menjalani program integrasi Bapas dari dalam Kota Tarakan.

Ditemui langsung selepas kegiatan, Sarianah menyampaikan semoga kegiatan bimbingan dapat bermanfaat bagi peserta. “Semoga bimbingan ini bermanfaat bagi Klien semua dan bisa diterapkan untuk masa depan bapak-bapak dan ibu-ibu,” tutupnya.

Kontributor:BapaSTAR/ fld