Wujudkan Klien Berwiraswasta Mandiri, Bapas Tarakan Beri Keterampilan Pengolahan Ikan

Tarakan – Bimbingan Kemandirian yang diselenggarakan oleh Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Tarakan bekerja sama dengan Rumah Ratu Industri baru saja berlangsung pada Selasa (20/08/2024). Hadir dalam kegiatan, Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Tarakan, Andik Dwi Saputro, memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Selain itu, Nurhikma, pemilik Rumah Ratu Industri Tarakan sekaligus mitra Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (POKMAS LIPAS) Bapas hadir langsung menjadi pemateri dalam kegiatan.

“Semoga bapak ibu klien bisa menerima manfaat dari pelatihan ini karena potensi perikanan cukup besar di Tarakan”, terang Nurhikma mengawali kegiatan dengan sambutan.

“Terima kasih telah menjadi mitra bagi Rumah Ratu Industri, harapannya dengan pelatihan nilai ekonomis ikan akan lebih tinggi sehingga dapat menjadi potensi Klien berwirausaha. Dengan diolah menjadi empek-empek, jadi produk frozen food ikan menjadi tahan lama dan meningkatkan nilai jual ,” ujar Kabapas menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara.

Pada kesempatan kali ini pemilik Rumah Ratu Industri, Nurhikma, memberikan teknik dasar pengolahan ikan dari mulai bahan baku hingga proses produksi dan pengemasan. Peserta diajak satu per satu mencoba praktik langsung membuat pengasapan ikan lele dan pembuatan empek-empek dari ikan bandeng, klien terlihat antusias saat praktik.

Acara ditutup dengan pemberian sertifikat dan cinderamata untuk narasumber dan sertifikat pelatihan kerja untuk klien.

Kontributor: BapaSTAR/fld