Geser SISUMAKER, Pusdatin Kumham Sosialisasikan Aplikasi Bersurat Elektronik (ABE) pada Pegawai

Tarakan- Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Tarakan baru saja mengikuti sosialisasi Aplikasi Bersurat Elektronik (ABE) oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, pada Selasa (22/08/2023) secara virtual. Jajaran Bapas Tarakan mengikuti kegiatan bersama seluruh pegawai.

Dalam sambutannya, Kapusdatin Hermansyah Siregar menyampaikan “Kita bergerak maju mudah-mudahan ini bisa menjadi instrumen dalam menyelenggarakan SPBE. Yang semula tahun 2021 mencapai 3,68 dengan peringakat sangat baik, tentunya kita ingin mencapai yang lebih baik lagi. Sehingga tahun 2023 ini SPBE Kumham bisa mencapai angka 4,20 dengan predikat memuaskan“. Kemudian, sosialisasi dilanjutkan oleh narasumber Pusdatin Kumham, yang mana menjelaskan perihal pemaparan teknis aplikasi ABE, perbandingan SISUMAKER dan ABE, alur penandatanganan, fitur, alur retensi surat, dan praktik langsung.

Terakhir, Kapusdatin juga mengingatkan arahan langsung dari Menteri Yasonna yang mennyatakan bahwa, “Kumham termasuk tiga besar penyelenggaraan SPBE, kita adalah salah satu Kementerian yang menjadi leading dalam digitalisasi, inovasi pemerintah berbasis elektronik.”

Kontributor:BapaSTAR/fld