Berkontribusi pada Hari Anak Nasional 2023, PK Bapas Tarakan Berikan Sosialisasi bagi Orang Tua dan Anak Binaan di Lapas Tarakan

Tarakan – Bertepatan dengan Hari Anak Nasional 2023 pada Minggu (23/07/2023), Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Balai Pemasyarakatan Kelas II Tarakan berkontribusi dalam menyemarakan acara Pemberian Remisi Anak di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tarakan. Cahyani Sulistyaning Wulandari serta Lulu Rizqiana mewakili Bapas Kelas II Tarakan sebagai PK sekaligus Legal Project Indonesia, didampingi Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Bimbingan Klien Dewasa, Dwi Prasetio, memberikan sosialisasi bagi Anak Binaan. Menyoroti pentingnya kesadaran hukum, kedekatan antar anggota keluarga, serta motivasi untuk tetap bertumbuh, kegiatan dikemas menjadi semakin menarik dengan berbagai permainan kelompok serta menulis surat cinta untuk Anak Binaan. Kegiatan dilaksanakan di Aula Lapas Kelas IIA Tarakan dimulai pada pukul 08.00 WITA s.d selesai.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Lapas Kelas IIA Tarakan, M.Ridwantoro, dengan pemberian remisi kepada Anak Binaan. Dilanjutkan berbagai rangkaian kegiatan seperti sosialisasi, family gathering, membasuh kaki orang tua/wali, menonton film “Sabtu Bersama Bapak”, dan ditutup dengan Webinar Nasional Hari Anak Nasional 2023. Suasana khidmat dan bahagia dirasakan oleh seluruh peserta kegiatan.

“Salah satu bentuk dukungan keluarga terhadap Anak Binaan adalah melakukan kunjungan secara langsung. Dukungan tersebut dapat membangkitkan semangat Anak Binaan untuk berpikir positif dan secara perlahan dapat memulihkan kondisi psikologisnya,” ujar Lulu. Tidak hanya memberikan materi tetapi PK Wulan dan PK Lulu juga mengajak seluruh Anak Binaan dan orang tua untuk bermain telepati serta memberikan tantangan. Melalui berbagai permainan yang disajikan, harapannya kedekatan antar keluarga dapat meningkat. “Setiap anak hanya memiliki satu keluarga. Mereka tentu membutuhkan dukungan dari keluarga untuk memulihkan psikologisnya hin

gga dapat bangkit menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” ujar Wulan. Harapannya seluruh Anak Binaan sadar akan kesalahannya dan tidak melakukan tindak pidana berulang.

Kontributor : BapaSTAR/wln