Tanamkan Jiwa Wirausaha, Klien Griya Abhipraya Pasarkan Lele Frozen ‘Lets Go’ Hasil Produksi Bapas Tarakan

Tarakan-Dalam rangka melaksanakan tugas pembimbingan pada Klien Pemasyarakatan Griya Abhipraya, Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Tarakan, terus memantau perkembangan Klien yang sedang melaksanakan hak integrasi melalui program-program kemandirian oleh Bapas. Salah satu program kemandirian yang sedang dijalankan Klien Bapas Tarakaan adalah budidaya ikan air tawar lele, yang terletak persis di sebelah kanan kantor Bapas Tarakan.

Dalam hal ini, produksi lele yang telah dipanen sebagian dibuat lele frozen, yang mana merupakan produksi pengolahan ikan lele goreng siap saji oleh Klien di Bapas. Lele frozen yang diberi nama ‘Lets Go’ ini berhasil dijual oleh Klien dengan mengelilingi rumah warga. Sebelumnya, lele frozen ‘Lets Go’ bahkan pernah dibeli langsung oleh Gubernur Kalimantan Utara, Zainal A. Paliwang pada saat pameran di Lanud Anang Busta Tarakan Juni lalu.

A merupakan salah satu Klien yang ikut langsung dalam proses produksi mulai dari tebar benih, pengelolaan, perawatan, panen, produksi, pengemasan hingga pemasaran ikan lele turut senang dengan program kemandirian ini. “Saya senang dengan program bimbingan kemandirian di Bapas karena dulunya saya yang tidak tahu apa-apa tentang budidaya ikan lele atau pengolahannya sekarang jadi tahu, bahkan bisa ikut produksi dan memasarkannya”, terang A yang merupakan Klien Bapas Tarakan. Sementara itu, Kepala Subseksi Bimbingan Klien Dewasa, Dwi Prasetio, mengaku bangga dengan keberhasilan program kemandirian budidaya ikan lele Bapas untuk Klien. “Bangga dan mudah-mudahan nantinya bekal ilmu wirausaha yang diberikan dapat bermanfaat untuk Klien setelah bebas nanti”, tutupnya.

Kontributor: BapaSTAR/ fld

Tags: #BapasTarakan #KumhamKaltim #KumhamPasti