Lewat Unit Usaha Cabai, Bapas Tarakan Berhasil Berdayakan Klien Pemasyarakatan

Tarakan – Setelah sukses laksanakan panen perdana pada April lalu, Bapas Tarakan kembali laksanakan panen kedua cabai pada hari ini (03/05/2023). Sejumlah 100 bibit cabai hasil kolaborasi dengan Dinas Pertanian yang ditanam di sekitar kantor Bapas Tarakan ini merupakan buah keringat Klien Pemasyarakatan.

AR, Klien, mengaku senang kerja kerasnya selama ini membuahkan hasil. “Alhamdulillah di panen kedua ini kita mampu untuk menjualnya, walau tidak besar nominalnya tetapi saya senang bisa peroleh keuntungan,” terang AR. AR merupakan Klien yang memperoleh kesempatan untuk belajar menanam cabai dan memasarkannya.

Bapas Tarakan terus berupaya menghadirkan program dan inovasi guna mendukung Klien Pemasyarakatan berdaya. Banyak pihak sudah digandeng dalam rangka menyukseskan tujuan mulia tersebut, baik dari instansi, lembaga, dinas terkait, sampai Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas).

Sinergi dan kolaborasi baik tersebut mampu menghasilkan beberapa unit usaha milik Bapas Tarakan seperti peternakan ayam, lele, sayuran hidroponik, cabai, dsb. Semua unit usaha tersebut terintegrasi dalam Griya Abhipraya sebagai program pembinaan dan pemberdayaan Klien Pemasyarakatan.

Kontributor: BapaSTAR/pan