Kanwil Kemenkumham Kaltim Tinjau Program Bimbingan Kemandirian Bapas Tarakan sebagai Persiapan Griya Abhipraya

Tarakan-Tim monitoring Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur (Kanwil Kemenkumham Kaltim) baru saja meninjau kegiatan program bimbingan kemandirian untuk Klien Pemasyarakatan di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Tarakan, pada Kamis (02/03/2023). Adapun hadir dalam kegiatan adalah Kepala Bidang Pembinaan, Pembimbingan, dan Teknologi Informasi Wagiso, Kepala Subbidang Pembimbingan dan Pengentasann Anak Husni Thamrin, dan PK Ahli Madya A.H. Junaedi, Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Tahanan dan Keamanan Arimin, serta Kepala Subbagian Kepegawaian, Tata Usaha, dan Rumah Tangga Suhardiman.

Kepala Bapas Kelas II Tarakan, Andik Dwi Saputro, memberikan pemaparan program kemandirian yang telah dijalankan, yang mana terdiri dari budidaya ayam pedaging, budidaya ikan lele, budidaya tanaman dan pot bonsai, serta budidaya ngengat lebah. Semua program kemandirian bekerja sama dengan Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (POKMAS LIPAS) dan instansi pemerintah daerah terkait.

Kepala Bidang Pembinaan, Pembimbingan, dan Teknologi Informasi Kanwil Kemenkumham Kaltim, Wagiso, menyampaikan bahwa program pembimbingan kemandirian perlu adanya dukungaan dari semua pihak, baik itu dari Bapas maupun POKMAS LIPAS dan instansi pemerintah daerah. Harapannya, program kemandirian yang telah berjalan dapat menjadi langkah awal persiapan pelaksanaan Griya Abhipraya, yang mana merupakan rumah singgah untuk Klien Pemasyarakatan.

Kontributor: BapaSTAR/fld